Senin, 19 November 2018

PUNCAK KAWAH GUNUNG SINDORO

View Sindoro dari Pasar Watu Gunung Sumbing

Rencana awal ke RAUNG tanggal 17 - 20 November yang sudah 90% pasti deal akhirnya harus batal di saat-saat terakhir.

Sebagai pelampiasan kami, dan karena memang sudah hampir 5 bulan terakhir tidak kena kabut gunung, akhirnya kami sepakat untuk trekking. Dan karena Sumbing, Merbabu, Merapi, Prau, Lawu, Slamet ataupun ungaran sudah lulus, kami sepakat untuk sekali lagi remidi ke Sindoro yang belum lulus.

Akhjad, Dewi dan Iis bergabung kemudian. Ber-enam kami menuju Basecamp Grasindo Garung via Bandungan.
Terakhir kami ke sini, kami disambut dengan badai mesra, dan mentok di bawah Pos 4 Batu Tatah.

Perjalanan kami dimulai dari Sarmili Basecamp koord -7.172349, 110.398348, Dewi dan Ester bergabung di meeting point Kedai Mama Suki, Temanggung.
Kami sampai di Basecamp Grasindo Garung sekitar jam 18.00. Registrasi dan Simaksi 110K all include, baru jam 20.00 kami start naik Ojeg @25K melewati jalur makadam sampai ke pos ojeg di atas Pos 1 Sibajing( 1600 mdpl ). Cuaca kebetulan sangat bersahabat meski tidak cerah.

Baru jalan sekitar 20 menit lepas dari Pos Ojeg, Ester pingsan. Emang dari Basecamp dia kayaknya kurang fit, kecapekan. Setelah sempet muntah-muntah di trek. Kita coba sadarkan dan kita siapkan tenda. Kami sepakat, Ester dan Risqi harus stay. Sementara kami ber empat dengan berat hati lanjut naik.

Sampai di Pos 2 Pestoroto ( 2120 mdpl ) sekitar jam 10 malem. Break sambil ngobrol dengan teman baru sependakian.

Dan setelah lanjut jalan kami sampai di Pos 3  ( 2530 mdpl ) yang sudah penuh dengan tenda sekitar jam 1 dini hari. Kami bangun 2 tenda, meski akhirnya kami tidur jadi 1 tenda.

Minggu 18 Nov 18

Puji Tuhan cuaca asik, tidur pules sampai saya yang pertama bangun jam 6 karena dipaksa mules. Prepare sarapan..baru sadar kita kehabisan air.

Setelah sarapan dan packing satu keril, ditemani kabut, kami sepakat lanjut naik. Mau ndak mau, karena sudah niat kami untuk summit, hanya dengan air 1,5 liter berempat. Dengan tambahan susu, permen dan buah, kami berangkat. Cukup terlambat juga sebenernya kami berangkat.

View dari area Pos 4

View dari bawah area Pos 4

Setengah jam berikutnya kami sampai di Sunrise Camp ( 2423 mdpl ), sangat penuh tenda. Kami lanjut jalan membelah Hutan Lamtoro dengan trek horor, hingga kami sampai di Pos 4 Batu Tatah ( 2838 mdpl ) sekitar jam 9.30 pagi.

Pos 4 Watu Tatah

Saya didepan sendirian ditemani keril, melewati padang Edelwieis yang sayangnya sudah kering dan padang batu. Dan setelah beberapa kali patah hati di PHP sindoro karena fatamorgana bukit terakhir. Cuaca yang sedikit mendung lebih ke berkabut membantu kami tidak terlalu kepanasan karena kondisi gersang area puncak yang tanpa vegetasi dan hanya hamparan batu.

Saya sampai di Puncak Kawah ( 3153 mdpl ) titik tertinggi ke lima di Jawa Tengah setelah Puncak Surono Gn Slamet, Puncak Sejati dan Puncak Buntu Gn Sumbing dan Puncak Hargo Dumilah Gn Lawu, tepat jam 10.30. Pemandangan ke jurang Kawah Kembang yang masih aktif menjadi pelepas lelah saya. Sayang, kabut menutup view ke arah kembarannya, Sumbing, yang sebenernya saya cari. Angin juga berhembus cukup kenceng dan dingin. Dan parahnya, baru satu jam berikutnya 11.45 Iis, Akhjad dan Dewi sampai. Beruntung karena tidak sampai hujan.

Kawah Kembang

Sumpah, dibalik awan ada Sumbing

Rebutan plang

masih rebutan plang

View track di Padang Batu

Plang idola, selalu jadi rebutan

Dedicated for you, Ester and Rizqi...

Sempet swearing, mereka sampai atau ndak sampai saya tetep turun jam 12.00, karena sangat dingin di Puncak. Ditambah dengan brangbreng bau asap sulfatara dari kawah Kembang yang udah mulai bikin pusing.

Setelah foto cukup dan juga karena memang sudah menggigil kedinginan, jam 12.10 kami turun. Saya dan Iis duluan sampai di Pos 3, tenda kami sekitar jam 13.30, sempet tidur juga karena baru dua jam berikutnya Dewi dan Akhjad sampai.

Laper dan haus, kami buru-buru packing dan jajan di warung yang ada di Pos 3. Apes; nasi, gorengan dan mie rebus sudah habis, kami hanya ngopi dan ngeteh.

Sesaat berikutnya, kami sudah harus mengejar untuk secepetnya sampai di Basecamp. Saya dan Iis jam 18.30 sudah sampai di Basecamp dengan bantuan bapak ojeg dari Pos 1. Disusul jam 19.30 Akhjad dan Dewi.
Jam 20.00 kami sudah otewe Sarmili. Jam 21.30 kami sampai di Sarmili via Bandungan.

Sindoro Itinerary Report:

Ascending:
Basecamp - Camp I         : Ojeg 10 minutes ( @ 25K )
Camp I - Camp II          : 1 hr 40 mnts ( 100 mnts)
Camp II - Camp III        : 2 hrs 30 mnts ( 150 mnts )
Camp III - Sunrinse Camp  : 15 mnts
Sunrise Camp - Camp IV    : 2 hrs ( 120 mnts )
Camp IV - Peak            : 1 hr ( 60 mnts )
Total Walk                : 455 mnts (7.5 hrs Walk, Cloudy Weather)

Descending:
Peak - Camp III           : 1 hr 20 Mnts ( 80 mnts )
Camp III - Camp I         : 1 hr 30 mnts ( 90 mnts )
Camp I - Basecamp         : 10 mnts by Ojeg
Total Walk                : 180 mnts ( 3 hrs walk, Cloudy Weather )