Rabu, 21 Maret 2018

CAMP AREA KEBUN TEH PROMASAN - GUNUNG UNGARAN VIA BASECAMP MAWAR

Promasan Tea Garden

Baru minggu kemarin saya naik ke Gunung Ungaran via basecamp Mawar Jimbaran. Memang sebenarnya rencana dari awal hanya pengin survey camp area Promasan, Sambil jaga tenda seandainya temen-temen ingin summit.
Dan iya..!! Untuk kalian di sekitaran Jawa Tengah yang kecanduan udara segar dan pengen nyari suasana alam, Kebun Teh Promasan bisa jadi satu pilihan area kemping yang cukup sempurna untuk sejenak menghilang dari sumpeknya rutinitas hari-hari. Dijamin bebas polusi udara dan polusi pulsa. Buat saya boleh lah tempat ini, Recommended banget..
Camp Area Kebun Teh Promasan ini sebenernya sudah dari dulu dibuka dan mungkin sudah banyak dikenal di sekitar Semarang, karena area ini berada di jalur pendakian reguler Gunung Ungaran via basecamp Mawar. Setiap pendaki pasti lewat sini, bahkan dulu, kalau saya sudah ngap dan males lanjut ke puncak, biasanya ngecamp di area kebun teh sambil nungguin temen-temen lain summit. Masak-masak dan bikin green tea langsung petik pohon..

Setau saya selain via basecamp  Mawar, ada jalur lain untuk sampai ke sini; via Nglimut, Boja. Ada juga jalur khusus untuk distribusi hasil teh  dan kopi via Gebugan, Bergas. Bahkan untuk jalur Boja dan Gebugan ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor sampai kebun teh. Kebetulan juga kemarin kami berpapasan dengan rombongan trabas trail yang ambil jalur naik dari Boja dan turun via Gebugan.

Saat ini, saya juga baru tau kapan kemarin, ada retribusi untuk masuk area Promasan. Untuk Pendaki yang menuju ke puncak Ungaran via Promasan otomatis juga akan dikenakan retribusi sebesar @ 2500 di Pos Gerbang Promasan. Dan kemungkinan nanti kita akan ditanya mau ngecamp atau tidak? Kalau ngecamp kita harus bayar lagi @15000 per tenda per malam.
Untuk informasi saja, di basecamp Mawar kita juga harus bayar @ 5000, khusus untuk masuk basecamp dan camp area MawarKebetulan kemarin saya naik ke Mawar sekitar jam 11 malem jadi bebas biaya masuk gerbang Umbul Sidomukti dan Pondok Kopi. hihihi..!!

Dengan tiket itu, kita dapetin fasilitas unlimited Kolam Renang, main-main di tree house. Kalau mau lebih jauh jalannya, kita bisa nikmatin trekking dan kemping ke Goa Jepang, Desa Promasan, Candi Promasan dan area kebun teh. Mungkin yang menjadi daya tarik utama adalah suasana kebun teh, dan trekking ke Goa Jepang, karena kolam renang dan fasilitas lain masih terkesan terbatas seadanya.
Selain tiket standar, ada juga kok paket Hill Walking dan Jungle Trekking, dengan Guide. Porter juga selalu siap kalau dibutuhkan. Jadi tenang aja, buat kalian yang cuma mau tau beres. Dan untuk pedagang, memang ada beberapa warung yang kadang buka. Itupun dengan stok yang seadanya. Sebaiknya kita persiapkan logistik dengan baik.

enggak mau pulang, maunya di.....

Untuk akses ke camp area Promasan, dari basecamp Mawar kita bisa mengikuti jalur pendakian Gunung Ungaran melewati hutan pinus dan Pos 1. Sampai di Pos 2, ada persimpangan, yang lurus keatas mengarah ke Puncak. Kita ambil jalur yang ke kanan. Sekitar 30 - 40 menit jalan normal kita sudah sampai di Pos Registrasi Promasan - Sikendil. Total waktu dari basecamp Mawar sekitar 1,5 jam - 2 jam.

Sampai di loket registrasi kita disambut dengan Kolam renang di sebelah kanan dibelakang pos registrasi. Ada beberapa bangunan rumah di area ini. Mushola, warung dan beberapa tree house. Sedikit naik ke atas, di depan tree house ada bangunan yang dipakai sebagai basecamp Promasan. Cukup adem suasana di sini, dengan rimbun pepohonan dan tanaman Kopi. Naik lagi kita sampai di simpangan, ditandai dengan papan penunjuk arah; ke kanan turun ke arah jalur Gebugan dan ke kiri naik mengarah ke kebun teh, Desa Promasan dan Puncak Ungaran.

I came, i saw and i loved..

Lanjut jalan naik, kita akan melewati jalan berbatu selebar mobil. Tidak begitu ngetrek kok, sambil melewati kebun kopi. Sekitar 30 menit kita akan sampai di area Kebun Teh. Udara seger adem udah pasti..karena kebun teh ini berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl...Hijau seger terhampar, menyegarkan mata yang ngilu. Banyak spot dengan view yang menawan. Terlebih kabut yang sering turun justru menambah osemm pemandangan. Buat yang lagi patah hati, dijamin pasti lupa kalau punya hati..
Di kebun teh ini ada camp area yang cukup luas. Jangan lupa registrasi jhon, soalnya pasti ada nanti dicek sama petugas jaganya. Dan setau saya pasti ada denda untuk tenda ilegal.

Puncak ungaran di kejauhan...

Kalau kita lanjut trekking di kebun teh ini juga nantinya kita ketemu simpangan, yang ke kiri naik mengarah ke Puncak Ungaran dan yang turun ke bawah mengarah ke Desa Promasan, Goa Jepang dan jalur Medini Boja. Kalau mau summit, tinggal ngikutin jalur ke atas mengarah ke Pos 4. Ndak bakal nyasar kok, karena jalan cuma satu jalur tanpa simpangan, dan lagi petunjuk jalan sudah banyak terpasang.

Kebetulan seminggu kemarin saya cuma sekedar lewat disana, jadi untuk review,  harga sewa peralatan dan catatan perjalanan ke Goa Jepang, Desa Promasan dan Candi Promasan pasti akan di update kok, kapan kalau ada kesempatan kemah disana. Aaamminn..

k r e m b i z z z . .

Catetan pribadi biar besok kapan lancar:

Gerbang Sidomukti   : 5000 / motor
Gerbang pondok kopi : 4000 / Motor -- Nebeng temen + malem aja sih biar gratis

Basecamp Mawar      : 5000 / kepala
Parkir motor        : 2000 / motor
Gerbang Promasan    : 2500 / kepala

Artikel ini dapat juga dibaca di detik.com dengan judul Selamat Pagi Dari Kebun Teh Ungaran.